Inilah Alasan Manusia Akhirnya Suka Makan Daging



Para ilmuwan masih memiliki banyak pertanyaan yang belum terjawab tentang asal-usul dan evolusi manusia memakan daging. Tetapi ada beberapa teori yang kuat tentang kapan, bagaimana dan mengapa manusia mulai memasukkan daging dalam jumlah yang lebih besar ke dalam makanan omnivora mereka.

Laman History mengungkapkan, antara 2,6 dan 2,5 juta tahun yang lalu, Bumi menjadi jauh lebih panas dan kering. Sebelum perubahan iklim itu, nenek moyang manusia yang jauh, yang secara kolektif dikenal sebagai hominin, sebagian besar hidup dari buah, daun, biji, bunga, kulit kayu dan umbi. 

Saat suhu naik, hutan rimbun menyusut dan padang rumput besar tumbuh subur. Ketika tanaman hijau menjadi langka, tekanan evolusi memaksa manusia purba untuk menemukan sumber energi baru.

Padang rumput yang menyebar di seluruh Afrika mendukung semakin banyak herbivora yang merumput. Para arkeolog telah menemukan tulang herbivora besar yang berasal dari 2,5 juta tahun yang lalu dengan tanda bekas luka dari alat batu mentah. Nenek moyang hominin purba belum menjadi pemburu yang cakap, tetapi kemungkinan memulung daging dari bangkai yang jatuh.

“Lebih banyak rumput berarti lebih banyak hewan yang merumput, dan lebih banyak hewan yang merumput berarti lebih banyak daging,” kata Marta Zaraska, penulis Meathooked: The History and Science of Our 2.5-Million-Years Obsession With Meat.

Begitu manusia beralih ke makan daging sesekali, tidak butuh waktu lama untuk menjadikannya bagian utama dari pola makan mereka. Zaraska mengatakan ada banyak bukti arkeologis bahwa 2 juta tahun yang lalu spesies Homo pertama secara aktif makan daging secara teratur.

Bukan suatu kebetulan bahwa bukti paling awal dari pemakan daging yang tersebar luas bertepatan dalam catatan arkeologis dengan Homo habilis, "tukang" manusia purba. Di situs-situs di Kenya yang berasal dari 2 juta tahun yang lalu, para arkeolog telah menemukan ribuan "pisau" batu bersisik dan batu nisan berukuran kepalan tangan di dekat tumpukan besar potongan tulang hewan dengan tanda daging yang sesuai.

Sementara kerabat manusia purba memiliki rahang yang lebih kuat dan gigi yang lebih besar daripada manusia modern, mulut dan nyali mereka dirancang untuk menggiling dan mencerna bahan nabati, bukan daging mentah. Bahkan alat-alat batu mentah dapat berfungsi sebagai seperangkat gigi kedua, melepaskan potongan daging dari bangkai zebra atau membenturkan tulang dan tengkorak untuk mendapatkan sumsum yang kaya nutrisi atau otak di dalamnya. 

Dengan mengolah daging dengan alat yang awalnya dirancang untuk menggali umbi dan memecahkan kacang, leluhur manusia membuat daging hewan lebih mudah dikunyah dan dicerna.

Terima Kasih Harimau
Satu teori mengapa begitu banyak tulang binatang yang disembelih masuk ke dalam catatan arkeologis sekitar 1,8 juta tahun yang lalu adalah bahwa sementara manusia purba adalah pemburu yang buruk, mereka hidup di antara beberapa pembunuh paling efisien yang pernah berkeliaran di bumi: kucing bergigi tajam alias Harimau.

Briana Pobiner, yang mempelajari asal-usul manusia pemakan daging, menulis bahwa “Antara satu dan dua juta tahun yang lalu komunitas karnivora besar di sabana Afrika tidak hanya terdiri dari singa, hyena, macan tutul, cheetah, dan anjing liar," ucapnya.

Seperti yang telah diketahui. Lihat hari ini, kata dia, tetapi juga setidaknya tiga spesies kucing bertaring tajam, termasuk satu yang secara signifikan lebih besar dari singa jantan Afrika terbesar. "Kucing-kucing ini mungkin telah memburu mangsa yang lebih besar, menyisakan lebih banyak lagi sisa makanan untuk manusia purba,” ucapnya menambahkan.

Tidak jelas apakah manusia "aktif" memulung dengan menunggu harimau untuk membunuh mangsanya dan kemudian menakut-nakuti mereka dengan melempar batu atau membuat suara keras, atau jika mereka "secara pasif" mencari-cari apa yang tersisa ketika para harimau meninggalkan buruan mereka. "Pemulungan aktif akan menjaga lebih banyak daging segar, tetapi membawa beberapa risiko serius," kata Pobiner.

Manusia Makan Daging Karena Suka

Daging jelas sangat penting dalam evolusi otak manusia, tetapi itu tidak berarti bahwa daging masih merupakan bagian yang tidak tergantikan dari makanan manusia modern. Zaraska mengatakan, makanan padat kalori apa pun akan memiliki efek yang sama pada otak kuno manusia yang berevolusi. "Bisa jadi itu adalah selai kacang, tetapi, daging ada," katanya.

Manusia mendambakan daging hari ini, sebagian, karena otak manusia berevolusi di sabana Afrika dan masih terhubung untuk mencari sumber protein yang padat energi. Ini mirip dengan kegemaran manusia akan gula, komoditas kaya kalori yang langka bagi nenek moyang manusia yang mencari makan yang otaknya memberi mereka penghargaan karena menemukan buah matang.

Tetapi juga manusia menginginkan daging karena signifikansi budayanya. Budaya yang berbeda lebih atau kurang daging-sentris, meskipun ada korelasi yang jelas antara kekayaan dan konsumsi daging. Negara-negara industri Barat rata-rata lebih dari 220 pon daging per orang per tahun, sedangkan negara-negara Afrika termiskin rata-rata kurang dari 22 pon per orang.

Pola makan yang terlalu gemuk dikaitkan dengan penyakit jantung, diabetes, dan kanker tertentu. Hal-hal yang tidak perlu dikhawatirkan oleh leluhur jauh manusia, karena mereka tidak hidup cukup lama untuk menjadi korban penyakit kronis. “Tujuan hidup nenek moyang manusia sangat berbeda dari tujuan manusia sekarang," kata Zaraska. "Tujuan mereka adalah bertahan hidup. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel