Bagaimana Cara Mengukur Ukuran Bra yang Pas dan Nyaman

Memilih ukuran bra yang tepat memang susah-susah gampang. Nah, untuk menghindari pembelian sia-sia karena cup bra yang terlalu besar atau kecil serta tali yang terlalu longgar atau terlalu pendek, ada tips untuk memilih bra yang tepat bagi Anda.



Bra yang terasa kekecilan di tubuh Anda bukan hanya mengurangi estetika, namun juga memengaruhi kesehatan tubuh, terutama pundak. Pada penggunaan tali bra yang terlalu kencang misalnya, akan membuat pundak cepat pegal dan dalam jangka panjang akan meninggalkan bekas permanen.

Sementara pemilihan cup bra yang tidak sesuai, baik lebih kecil atau lebih besar, akan membuat Anda kurang percaya diri. Bahkan penelitian mengungkap tidak sedikit wanita yang kemudian melakukan operasi pengecilan atau pembesaran payudara agar merasa pas dengan bra yang dipilihnya.

Tips mengetahui ukuran bra yang tepat

Tahukah Anda bahwa wanita bisa berganti enam ukuran bra sepanjang hidupnya? Ya, cup bra bisa berubah karena berbagai faktor, seperti kehamilan, pertambahan berat badan, bahkan tingkat gravitasi di lingkungan tempat tinggal.

Oleh karena itu, Anda sangat disarankan untuk mengetahui ukuran bra sendiri dengan cara mengukur lingkar dada dan cup bra. Anda cukup menyiapkan pita jahit, dan berdiri di depan kaca.

Cara mengetahui ukuran bra Anda adalah sebagai berikut.

1. Mengukur lingkar dada
Lingkari pita jahit mengelilingi dada yang tepat berada di bawah payudara Anda, pastikan pita tidak menempel tidak terlalu ketat atau terlalu longgar.
Biasanya, Anda akan mendapati angka lingkar dada mulai dari 60 cm hingga 105 cm.

2. Mengukur cup bra
Lingkarkan pita jahit mengelilingi tubuh dengan puncaknya pada area payudara yang paling penuh, misalnya di dekat puting.
Angka yang Anda dapatkan harus lebih besar dari lingkar dada yang sebelumnya telah Anda ukur.
Cara mengetahui ukuran cup bra Anda adalah dengan mengurangi ukuran lingkar payudara dengan lingkar dada yang telah diukur sebelumnya. Jika lingkar dada Anda 80 cm dan lingkar dada payudara 95 cm, maka ukuran cup bra Anda adalah 15 cm.

Apa arti angka-angka ini dalam ukuran bra yang beredar di pasaran?

Mengenal ukuran bra lokal dan impor
Pada prinsipnya, ukuran bra terdiri atas angka dan huruf. Angka menggambarkan lingkar dada di bawah payudara Anda, sedangkan hurup merupakan ukuran cup bra Anda.

Pada bra yang dijual di Indonesia, ukuran bra biasanya dinyatakan dalam centimeter dan memiliki angka yang besar, seperti 70, 80, dan sebagainya. Namun ada juga bra impor (misalnya dari Amerika) yang diukur dalam inci sehingga angkanya lebih kecil, seperti 34, 36, dan lain-lain.

Agar Anda tidak bingung, berikut perbandingan ukuran pada bra lokal maupun bra impor yang biasa terdapat pada label bra tersebut.

1. Ukuran lingkar dada
Berikut adalah panduan ukuran lingkar dada:

XXS = 60 cm = 28 inci
XS = 65 = 30
S = 70 = 32
M = 75 = 34
L = 80 = 36
XL = 85 = 38
XXL = 90 = 40
3XL = 95 = 42
4XL = 100 = 44
5XL = 105 = 46.

2. Ukuran cup bra
Berikut adalah panduan ukuran cup bra:

10-11 cm = AA
12-13 = A
14-15 = B
16-17 = C
18-19 = D
20-21 = E
22-23 = F
24-25 = G
26-27 = H
28-29 = I
30-31 = J
32-33 = K.

Hal lain yang harus Anda perhatikan sebelum membeli bra
Mengetahui ukuran bra bukan satu-satunya hal yang harus Anda ketahui saat akan memilih bra yang tepat. Beberapa hal juga sebaiknya Anda perhatikan, seperti:

1. Beda merek, ukuran bra juga bisa berbeda-beda
Untuk memastikan ukuran bra cocok dengan Anda, pastikan cup bra dapat menyangga payudara tanpa terasa longgar atau sempit, termasuk saat Anda mengangkat kedua tangan atau membungkukkan badan.

2. Pastikan tali bra pas
Tali bra yang terlalu pendek akan membuat pundak tidak nyaman dan terasa nyeri hingga lecet. Sebaliknya, tali bra yang sudah longgar harus dikencangkan atau diganti dengan yang lebih pas.

3. Maksimalkan fungsi kait
Bra biasanya memiliki 2 atau 3 kaitan yang bisa disesuaikan dengan lingkar tubuh Anda. Jika bra sudah terasa agak longgar, naikkan kaitan. Namun jika bra terlalu sempit, gunakan pengait terluar.

4. Cup bra melekat sempurna
Pastikan payudara menempel pada cup bra tanpa menimbulkan kesan kosong. Bagian tengah bra juga harus melekat pada dada sehingga tidak menciptakan kesan seolah payudara menggantung.

Pastikan Anda memilih bra sesuai dengan ukuran payudara Anda. Bra yang terlalu kecil dapat mengganggu kenyamanan sekaligus membahayakan kesehatan Anda, sementara bra yang terlalu besar akan menimbulkan ketidaknyamanan saat dipakai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel