4 Kiat Jitu Mengatasi Kulit Kaki Melepuh Akibat Keseringan Pakai Sepatu

Sepatu yang sempit dan terlalu sering dipakai ternyata bisa menyebabkan kaki Anda melepuh. Tentu saja, jika sudah begini, apa pun sepatu yang Anda pakai akan terasa tidak nyaman, bahkan bikin kaki sakit. Tenang, ada cara kok untuk mengatasi kaki melepuh akibat pakai sepatu. 



Cara ampuh mengatasi kulit kaki melepuh


Lepuhan pada kaki biasanya disebabkan oleh gesekan dan tekanan yang juga menimbulkan rasa sakit. Pertama-tama, akan muncul benjolan berisi darah yang tentu saja tidak boleh dipecahkan begitu saja. Biasanya, kondisi muncul sebagai strategi pertahanan dari tubuh Anda. Hal tersebut dilakukan untuk melindungi kulit yang ada di dalam dari cedera lebih lanjut.

Pada umumnya, kaki melepuh akan membaik seiring dengan berjalannya waktu. Namun, tetap saja Anda harus menghindari menggunakan sepatu yang bisa melukai lepuhan pada kaki Anda. Nah, sembari menunggu, ada beberapa cara untuk mempercepat penyembuhannya.

1. Kompres dengan es

Cobalah untuk mengompres area yang melepuh dengan es yang sudah dibalut dengan handuk. Usahakan agar tidak terlalu menekan daerah tersebut agar tidak memperburuk kondisi kulit yang ada di bawahnya.

2. Mengeringkan lepuhan

Anda pastinya sangat ingin memecahkan benjolan yang ada di kaki tersebut. Namun, hal tersebut justru akan membuat infeksi kulit Anda semakin parah. Jadi, sebaiknya Anda menahan diri.

Akan tetapi, jika sudah terlanjur dilakukan, segera lindungi benjolan yang sudah terbuka itu dengan perban atau plester. Nah, untuk memecahkan benjolan pada lepuhan dengan aman, cobalah ikuti tahapan di bawah ini.

  • Cuci tangan Anda dengan air hangat dan sabun anti bakterial.
  • Gunakan alkohol swab untuk desinfektan jarum kecil.
  • Bersihkan luka lecet pada kaki dengan larutan antiseptik seperti povidone-iodine
  • Pakai jarum kecil untuk menusuk benjolan pada kulit yang melepuh tersebut.
  • Biarkan cairan terus keluar hingga kering
  • Oleskan krim anti bakterial pada daerah yang melepuh
  • Tutupi kaki Anda yang melepuh tersebut dengan kassa steril atau perban
  • Bersihkan dan oleskan krim tadi sehari sekali. Jangan melepas perban sampai kulit yang melepuh tersebut sembuh.


3. Ganjal kaki dengan bantal

Salah satu cara mengatasi kaki melepuh akibat pemakaian sepatu adalah dengan mengangkat kaki kemudian mengganjalnya dengan bantal. Hal tersebut dilakukan agar peredaran darah Anda ke area yang meradang dapat berkurang.

Usahakan untuk tidak mengangkat kaki Anda lebih dari 45° dan tahan sampai 20 menit. Hal ini dapat mengurangi rasa sakit akibat kaki yang melepuh.

4. Jangan dulu pakai sepatu atau kaus kaki

Jika kaki Anda sedang melepuh, usahakan untuk mengurangi pemakaian sepatu dan kaos kaki. Hal tersebut dapat memperburuk kondisi kulit Anda karena terjadi gesekan. Selain itu, tidak dapat dihindari kelembaban pada kaki Anda juga mempengaruhi hal ini.

Oleh karena itu, cobalah mengganti sepatu Anda dengan sandal yang terbuka. Cukup sampai kaki melepuh Anda teratasi, Anda bisa memakai sepatu kesayangan kembali.

Tips mencegah kulit kaki melepuh


Nah, setelah berhasil menyembuhkan kaki Anda yang melepuh, tentu hal ini tidak ingin terjadi kembali pada Anda, bukan?

Oleh karena itu, perhatikan beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mencegah terjadinya lepuhan pada kaki Anda.

  • Gunakan kaos kaki yang bersih dan sepatu yang cocok dengan ukuran kaki Anda
  • Usahakan untuk tidak berlama-lama memakai sepatu berhak tinggi.
  • Hentikan apapun yang sedang Anda lakukan jika merasakan tekanan dan gesekan sekaligus pada kaki Anda.
  • Upayakan agar kaki Anda tetap kering dengan menggunakan bedak kaki untuk mengurangi keringat.
Kesimpulannya, jagalah kaki Anda agar tetap kering dan hindari penggunaan sepatu yang terlalu sempit. Hal-hal yang mungkin dianggap sepele ini justru dapat mencegah kulit kaki Anda menjadi melepuh.

Setelah mengetahui cara mengatasi dan mencegah kaki melepuh akibat pemakaian sepatu, tentu sekarang bisa Anda praktekkan berbagai tips tersebut di rumah. Jika rasa sakit dan lepuhan pada kaki semakin parah, konsultasikan pada dokter Anda untuk perawatan lebih lanjut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel