7 Cara Makan yang Baik Ketika Buka Puasa, Penting untuk Kesehatan

Cara makan yang baik ketika buka puasa masih banyak diabaikan oleh orang-orang yang berpuasa. banyak di antara orang yang berpuasa tidak memperhatikan porsi dan nutrisi makanan yang akan dikonsumsinya. Mereka hanya makan semuanya sampai kenyang tanpa memikirkan kesehatan. 

Padahal pola makan di bulan puasa ini, baik makan sahur maupun saat berbuka puasa harus sangat diperhatikan untuk menjaga kesehatan. Apalagi dengan di siang harinya, orang yang berpuasa tidak bisa makan dan minum untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Cara makan yang baik ketika buka puasa berperan sangat signifikan dalam menjaga kesehatan selama berpuasa. Jangan sampai kamu melahap semua makanan yang ada di atas meja dan tidak memikirkan porsi dan gizi yang diterima tubuh.


1. Segera Berbuka

Saat waktu buka puasa telah tiba, kamu dianjurkan untuk langsung membatalkan puasa, atau segera berbuka. Mengawali buka puasa, sebaiknya kamu minum air putih terlebih dahulu untuk mencegah dehidrasi dan memberikan pasokan cairan bagi tubuh yang telah berpuasa seharian.

Kamu juga bisa minum jus segar atau susu untuk menyediakan cairan yang dibutuhkan tubuh. Namun kamu wajib untuk memperhatikannya, minuman manis yang mengandung banyak gula dan kalori tidak baik dikonsumsi saat buka puasa. Konsumsilah air putih yang lebih aman, dalam mengawali cara makan yang baik ketika buka puasa ini.

2. Konsumsi Karbohidrat yang baik dan Sayuran

Makanan berbuka tentunya harus mengandung karbohidrat baik untuk mengisi kembali energi selama berpuasa. dengan sumber karbohidrat komplek seperti gandum, kentang dan beras merah, maka sumber energi lebih stabil dan mendapatkan efek secara berkelanjutan.

Sayur juga sangat penting untuk menjaga kesehatan sebagai cara makan yang baik ketika buka puasa. Sayuran selain kaya akan vitamin, mineral serta serat, juga memiliki banyak nutrisi dan memberikan rasa kenyang juga. Selain itu sayuran juga mengandung sedikit kalori.

3. Makanan Mengandung Protein

Protein tanpa lemak harus menjadi pilihan pertama untuk berbuka puasa. Makanan yang mengandung protein dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun massa otot dan mempertahankannya.

Daging sapi, ikan, ayam, serta telur dapat menjadi pilihan kamu sebagai sumber protein yang baik. Selain itu bila kamu tidak terbiasa mengonsumsi daging, kamu bisa memilih protein nabati seperti kacang kacangan.

Protein yang baik akan mudah dicerna tubuh dan mengandung asam amino esensial yang baik bagi tubuh. Dalam memilih makanan berat atau makan utama untuk berbuka puasa, kamu harus memperhatikan benar kandungan nutrisinya.

4. Jangan Makan Makanan Tinggi Lemak

Makanan tinggi lemak, garam dan gula merupakan bahan yang tidak sehat untuk berbuka puasa. Usahakan mengolah makanan untuk berbuka puasa dengan memanggang, merebus, atau mengukus untuk menjaga kesehatan.

Kamu bisa menggunakan racikan rempah rempah dan bumbu alami sebagai tambahan rasa makanan pengganti garam. Selain itu, gula bisa diganti dengan pemanis alami seperti sari buah. Dengan melakukan cara makan yang baik ketika buka puasa ini, kamu bisa menjaga kesehatan selama berpuasa.

5. Jangan Berlebihan dan Jangan Terburu-buru Saat Makan

Makan berlebihan dan terburu buru saat berbuka puasa akan menyebabkan masalah pada sistem pencernaan karena kamu telah berpuasa selama satu hari penuh. Mengontrol porsi makan dan tidak terburu buru dalam menghabiskan makanan sangat penting dalam menjaga kesehatan selama berpuasa.

Jadi cara makan yang baik ketika buka puasa salah satunya adalah kamu harus makan sesuai porsi yang dibutuhkan.

Selain itu, kamu juga tidak boleh terburu buru menghabiskan makanan, makanlah dengan tenang dan perlahan-lahan agar sistem pencernaan dapat bekerja dengan baik. Jangan sampai kalap dan makan begitu banyak sampai kamu kekenyangan karena sebelumnya merasa lapar, kamu akan menyesal dengan dampak yang akan datang setelahnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel