Nutrisi Ini Dibutuhkan oleh Tubuh Untuk Kulit Cantik Sehat Alami


 

Banyak wanita yang bingung tentang bagaimana merawat kulit agar tetap cantik, sehat dan tampak selalu awet muda. Operasi plastik dan berbagai macam metode perawatan kekinian pun ditempuh, padahal sebenarnya ada cara alami yang bisa menolong lho. Penuhi dulu nutrisi-nutrisi ini bagi tubuh agar kulit bisa terjaga kesehatan dan kecantikannya.

Vitamin E

Tak diragukan lagi, vitamin E adalah salah satu jenis nutrisi paling dibutuhkan apabila ingin kulit sehat alami. Bahkan vitamin E adalah nutrisi bagi kulit tepat untuk mencegah kanker kulit. Konsumsilah makanan-makanan yang mengandung vitamin E tinggi demi memperoleh nutrisinya, seperti alpukat, bayam, walnut, almond, asparagus, dan biji bunga matahari.

Omega-3

Tak salah lagi, omega-3 adalah nutrisi yang otak kita butuhkan untuk meningkatkan ketajaman daya ingat dan fungsi lainnya. Namun sebenarnya, omega-3 juga dapat diandalkan sebagai pencegah kanker kulit, pelembut alami kulit, dan penurun risiko radang kulit semacam eksim. Minyak zaitun, ikan sarden, ikan kembung, salmon dan kacang seperti walnut beromega-3 tinggi lho.

Vitamin B

Nutrisi lainnya yang penting untuk dipenuhi oleh tubuh supaya kulit terjaga baik adalah vitamin B. Kulit yang gatal dan sering kering bisa saja karena efek kekurangan vitamin B, jadi pastikan asupannya terpenuhi dengan mengonsumsi telur dan ayam.

Vitamin A

Selain dapat diandalkan sebagai cara menjaga kesehatan mata, vitamin A juga baik untuk kulit karena bersifat antioksidan yang mampu menjadi pelindung kulit. Mulailah mengonsumsi paprika, jeruk, wortel, ubi, telur, bayam, kol, buah persik, asparagus dan juga labu untuk menambah asupan vitamin ini; sebab jika sampai kekurangan, kulit bisa mudah gatal dan kering.

Vitamin C

Antioksidan yang didapat dari vitamin C sangat mendukung produksi kolagen di dalam tubuh kita, yakni sebuah jenis protein yang siap menjadikan kulit awet muda. Bagi yang ingin bebas kerutan, kulit senantiasa lembab dan kencang, pastikan mengonsumsi kacang Brussel, brokoli, anggur, stroberi, paprika, kiwi, dan buah sitrus lainnya.

Flavonoid

Coklat dan teh hijau adalah sumber flavonoid, antioksidan yang kuat dan mampu mencegah berbagai jenis gangguan kesehatan, seperti peradangan dan kanker kulit. Minumlah coklat hangat secara rutin setidaknya selama 3 bulan untuk memenuhi kebutuhan flavonoid supaya kulit juga jauh lebih lembut nantinya.

Selenium

Jenis mineral satu ini siap menolong agar sel kulit bisa terhindar dari kerusakan, termasuk juga mencegah jerawat lho. Makanan yang mengandung selenium tinggi meliputi makanan laut, nasi merah, kacang Brasil, daging unggas ternak, telur, gandum, tuna dan walnut. Menambah asupannya akan pula turut membantu vitamin E terserap lebih maksimal.

Zinc

Untuk menyembuhkan luka dan membuat jaringan rusak baik kembali, mineral zinc adalah yang diperlukan. Jadi bagi yang ingin mengontrol kelenjar minyak pada kulit dan mengatasi jerawat, cobalah mengonsumsi makanan yang mengandung zinc, seperti jamur, daging unggas ternak, kemiri, gandum, kacang-kacangan, serta makanan laut.

Perawatan kulit memang perlu, tapi pastikan untuk lebih dulu memenuhi nutrisi-nutrisi tersebut supaya kulit mendapatkan nutrisi dari dalam secara cukup. Tips diet sehat ini dijamin menyehatkan dan mempercantik kulit secara alami dan efektif.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel