Boleh Tidak Asam Urat Tinggi Kosumsi Bayam?



Asam urat adalah sebuah penyakit yang menyebabkan serangan pada persendian. Ketika asam urat sangat tinggi maka penderita akan merasakan beberapa gejala yang tidak nyaman seperti kaki, panas, sakit untuk bergerak, bengkak dan tidak nyaman. Terkadang pembengkakan pada sendi membuat penderita sulit untuk berjalan.

Kondisi asam urat yang tinggi memang harus waspada. Hal ini karena asam urat bisa dipengaruhi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Sayuran hijau yang mengandung purin tinggi sebainya tidak dimakan. Padahal sayuran seperti bayam mengandung purin yang tinggi. Tapi boleh tidak asam urat tinggi makan bayam? Berikut penjelasan kami.

Boleh Tidak? Asam Urat Komsumsi Bayam ?

Bayam adalah sayuran yang lezat dan penuh dengan manfaat kesehatan tubuh. Bayam mengandung zat besi yang penting untuk membantu proses produksi sel darah merah. Karena itu kekurangan zat besi juga sangat berbahaya termasuk menyebabkan anemia. Bayam juga mengandung nutrisi lain yang menguntungkan seperti vitamin A dan vitamin K.

Sayangnya bayam mengandung purin yang cukup tinggi. Ketika tubuh memiliki kandungan purin yang sangat tinggi maka bisa memecah asam urat sehingga serangan asam urat menjadi sangat cepat. Inilah yang menyebabkan bayam cukup berbahaya untuk penderita asam urat. Namun ternyata menurut penelitian medis, makan bayam sama sekali tidak menyebabkan asam urat yang parah.

Serangan asam urat bisa menjadi lebih buruk jika mendapatkan asupan purin dari makanan lain. Nah, makanan lain yang mengandung purin tinggi itu seperti ikan kembung, ikan teri, udang, jeroan, dan daging berlemak. Sementara itu sayuran lain yang juga mengandung purin tinggi adalah seperti kembang kol, kubis, jamur, kacang-kacangan, asparagus dan ragi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel