7 Cara Agar Anak Tidak Bosan di Rumah Selama Pandemi Corona



Pandemi infeksi virus corona atau COVID-19 membuat semua orang harus berdiam di rumah, mulai dari orangtua hingga anak-anak. Para orangtua pun memutar otak untuk mencari aktivitas anak yang menyenangkan dan antibosan, namun tetap memberikan manfaat untuk tumbuh kembang Si Kecil. Apa saja, ya, yang bisa dilakukan? Simak di artikel ini.

7 Aktivitas di rumah agar Si Kecil tak merasa bosan

Berikut ini beberapa aktivitas anak yang menyenangkan dan bisa dilakukan di rumah agar Si Kecil tak bosan dan jenuh:

1. Mencoba resep baru dan masak bersama


Berdiam di rumah bersama Si Kecil berarti ada lebih banyak waktu untuk mengajari hal baru. Salah satu yang bisa dilakukan yakni masak bersama. Anda bisa memperkenalkan pada anak resep sehat namun tetap enak untuk disantap. Misalnya, dessert berbahan oats dan buah-buahan, smoothies buah, jus sayur, atau popcorn dengan taburan keju parmesan.

Memperkenalkan kegiatan masak pada anak sendiri memberikan manfaat positif untuk Si Kecil. Memasak membantu Si Kecil mengeksplor jenis makanan dan citarasa, memperkenalkan ‘kultur’ keluarga, hingga mengajarinya untuk bertanggung jawab. Dilansir dari Orami Indonesia, memasak juga membantu Buah Hati menjadi lebih kreatif.

2. Piknik di rumah

Setelah mencoba resep baru, Si Kecil mungkin akan merasa senang jika Anda dan keluarga membuat piknik di rumah. Entah itu di ruang tamu, di halaman belakang, atau di teras rumah pada sore hari. Piknik memang memiliki manfaat untuk mempererat family bonding.

Menu untuk piknik pun bisa berupa snack sehat untuk Si Kecil, seperti roti gandum dengan topping buah-buahan, yogurt, atau apel dengan balutan sedikit selai kacang.

3. Melakukan perawatan kulit


Kegiatan menyenangkan lain selama di rumah adalah ‘memanjakan’ tubuh dan kulit Si Kecil. Tanyakan pada anak, perawatan apa yang mereka inginkan, entah itu scrub kaki, mencoba masker rambut dari buah alpukat, atau sekadar memberikan pijatan yang lembut.

Tak lupa pula, pastikan Si Kecil sudah mengetahui cara mencuci tangan yang benar. Anda dan Buah Hati bisa mempraktikkan cara cuci tangan, sembari menyanyikan lagu “Happy Birthday” selama 20 detik.

4. Bercocok tanam di teras dan balkon rumah


Sembari menghitung hari pandemi corona berakhir, Si Kecil bisa diperkenalkan dengan kegiatan bercocok tanam. Anda bisa menggunakan bibit buah-buahan, membeli bibit bunga secara online, atau mengajarinya cangkok bunga tertentu yang sudah ada di pekarangan rumah (seperti bunga mawar).

Selain menyenangkan dan menghilangkan rasa bosan, berkebun dan bercocok tanam juga mengajarkan rasa tanggung jawab pada Si Kecil. Anak pun bisa belajar ilmu pengetahuan baru mengenai makhluk hidup, serta meningkatkan sense of nature dalam diri mereka.

5. Menonton film

Si Kecil tentu bosan selama masa physical distancing di tengah pandemi corona ini. Aktivitas menyenangkan lain yang menjadi kegemaran semua anak adalah… menonton film! Anda bisa menyulap ruang keluarga menjadi ruang menonton yang tentu juga meningkatkan kebersamaan Anda dan Buah Hati.

Anda bisa menggunakan layanan streaming film yang biasanya memiliki koleksi film ramah anak, dan sesuai dengan umurnya. Anda juga bisa berdiskusi dengan Si Kecil mengenai pesan moral yang ia tangkap dari film yang ia tonton.

6. Mengajaknya membaca buku

Apabila Anda mencari kegiatan yang bisa dilakukan setiap hari selama di rumah bersama Si Kecil, maka membaca buku adalah jawabannya. Menurut TIME seperti yang dikutip dari Orami Indonesia, 15-20 menit per hari merupakan waktu yang pas untuk memulai kebiasaan membaca dari kecil.

Anda dianjurkan untuk membagi 20 menit tersebut menjadi beberapa sesi sehari. Misalnya, 4 sesi dengan durasi sekitar 5 menit, atau 5 sesi dengan durasi sekitar 4 menit.

Apabila Anda dan Si Kecil membaca cerita pendek bersama, ia bisa diajak diskusi mengenai pesan moral dalam cerita tersebut.

7. Membuat kerajinan tangan yang lucu

Merangsang kreativitas anak dapat membantunya berkembang secara mental, sosial, dan emosional. Melalui seni, kemampuan problem-solving Si Kecil juga akan diasah. Mengisi masa-masa #dirumahaja dengan aktivitas seni dan kreatif tentu bisa Anda berikan pada Si Kecil, entah itu dengan melukis, menggambar, atau membuat kerajinan tangan.

Ada banyak video kerajinan tangan dan kesenian yang bisa Si Kecil tiru untuk melatih tumbuh kembangnya. Anda dan pasangan juga bisa berpartisipasi dan memberikan model yang baik untuk mereka, lho. Kegiatan ini menjadi cara menghilangkan bosan yang menyenangkan untuk keluarga.

Catatan :

Si Kecil tentu bosan jika terus-terusan di rumah, terlebih di masa-masa pandemi penyakit seperti COVID-19. Ide aktivitas di atas bisa diterapkan agar ia tak bosan, pikirannya teralihkan, dan menghindarinya main gagdet terus-terusan. Selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel