Ciri-ciri Wanita Mandul Ini Ternyata Tidak Sulit Dikenali



Kemandulan, Kesulitan mendapatkan momongan, bisa disebabkan oleh berbagai faktor yang dimiliki pria maupun wanita. Untuk mendapatkan penyebab pasti sulitnya Anda mendapat momongan, tentu hasil pemeriksaan dokterlah yang paling akurat. Namun, tidak ada salahnya jika Anda juga mengenali ciri-ciri wanita mandul sebagai salah satu langkah antisipasi.

Dengan mengenali ciri-ciri tersebut, Anda dapat segera menjalani penanganan yang tepat, agar Buah Hati dapat segera hadir. Tentu di sisi lain, pria juga perlu mengenali gejala ketidaksuburan yang mungkin dialaminya.
Ini ciri-ciri wanita mandul

Mandul sebenarnya istilah yang lebih tepat untuk digunakan bagi wanita atau pria yang sama sekali tidak memiliki kemampuan reproduksi. Pada wanita, kemandulan menyebabkannya tidak bisa hamil. Sementara itu pada pria, kondisi tersebut membuatnya tidak bisa menghasilkan sperma. Berikut ini ciri-ciri wanita mandul.

 salah satu ciri wanita mandul


1. Terasa sakit saat berhubungan seks


Sakit saat berhubungan seksual disebut sebagai dyspareunia. Kondisi ini, masuk sebagai salah satu ciri-ciri wanita mandul. Sebab, dyspareunia kerap muncul sebagai gejala penyakit-penyakit yang berhubungan dengan kesuburan, seperti infeksi di vagina maupun fibroid (pertumbuhan sel abnormal pada rahim).

2. Periode menstruasi berkepanjangan, nyeri, dan volume darah yang banyak

Pengalaman menstruasi setiap wanita memang berbeda. Sebagian terbiasa melewati masa haid yang lancar dan bebas nyeri, namun lainnya bisa saja merasakan sakti yang teramat sangat saat menstruasi ditambah volume darah yang keluar juga cukup tinggi.

Kondisi ini, merupakan salah satu gejala dari penyakit yang dinamakan endometriosis. Penyakit ini, merupakan salah satu faktor risiko menurunnya kesuburan seorang wanita.
 
3. Darah haid berwarna pucat atau gelap

Jika darah haid yang keluar lebih pucat dari biasanya, maka ini adalah tanda yang perlu Anda waspadai. Sebab normalnya, darah haid berwarna merah terang saat awal siklus, dan akan semakin gelap seiring berjalannya waktu.

Selain itu, jika darah haid yang keluar sejak awal berwarna gelap, seperti darah lama yang mengendap, maka bisa jadi hal tersebut adalah gejala endometriosis. Sehingga, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.
 
4. Haid tidak teratur

Normalnya, siklus menstruasi wanita adalah 28-35 hari. Sehingga, haid yang tidak teratur tapi masih bisa diprediksi, bukanlah suatu masalah yang perlu dikhawatirkan. Misalnya, bulan ini Anda mulai haid di tanggal 1, lalu bulan depan di tanggal 5. Selanjutnya bulan berikutnya dimulai tanggal 2. Kondisi ini bukanlah suatu masalah.

Haid tidak teratur yang tidak diprediksi kedatangannya, menjadi ciri-ciri wanita mandul. Kondisi ini bisa dipicu oleh banyak hal, mulai dari stres hingga riwayat penyakit tertentu, seperti kelainan hormon atau polycystic ovarian syndrome (PCOS).

Jadi, menstruasi tidak teratur bukan serta-merta menandakan gangguan kesuburan. Namun, hal ini bisa menjadi salah satu tanda wanita yang tidak subur.
 
5. Berhenti menstruasi

Selain siklus menstruasi yang tidak teratur, beberapa wanita tak lagi mengalami menstruasi selama berbulan-bulan. Jika mengalami hal ini, sebaiknya segera periksakan kondisi ke dokter untuk memeriksakan tingkat kesuburan.

Namun ingat, kondisi ini lagi-lagi tidak melulu berkaitan dengan kesuburan. Wanita yang sedang mengalami stres atau sering melakukan olahraga berat, juga dapat mengalami kondisi serupa.


 bisa jadi pertanda adanya gangguan kesuburan


6. Munculnya gejala kelainan hormon

Adanya kelainan hormon juga bisa membuat seorang wanita menjadi tidak subur. Saat kadar hormon di tubuh naik-turun tidak beraturan, akan ada beberapa gejala berupa:
  •     Berat badan naik tanpa sebab yang jelas
  •     Muncul jerawat yang parah
  •     Tangan dan kaki terasa dingin
  •     Penurunan atau kehilangan hasrat seksual
  •     Keluarnya cairan atau nanah dari puting
  •     Tumbuhnya kumis dan jenggot
  •     Rambut mulai menipis

7. Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan bisa menurunkan tingkat kesuburan seorang wanita. Selain itu, apabila kehamilan berhasil dicapai, wanita dengan kondisi obesitas berisiko lebih tinggi mengalami gangguan pada kehamilannya, dengan wanita dengan berat badan normal.
 
8. Riwayat penyakit tertentu

Ada beberapa penyakit, yang bisa memengaruhi tingkat kesuburan seorang wanita. Sehingga, bagi Anda yang pernah didiagnosis memiliki penyakit-penyakit di bawah ini, risiko Anda untuk menjadi mandul lebih besar:
  •     Kerusakan pada indung telur atau ovarium
  •     Menopause dini
  •     PCOS
  •     Endometriosis
  •     Kanker dan pernah menjalani perawatan kanker

Meski memiliki ciri-ciri wanita mandul di atas, bukan berarti Anda pasti tidak bisa hamil. Dengan perawatan yang tepat, kemungkinan Anda untuk bisa hamil atau memiliki momongan tetap akan terbuka.

benarkah bayi tabung populer ?


Perawatan untuk wanita yang tidak subur

Dalam keseharian, istilah kemandulan kerap digunakan untuk wanita dan pria yang kesulitan memiliki momongan alias tidak subur. Padahal berbeda dari kemandulan, wanita yang tidak subur, masih memiliki kemungkinan untuk hamil, meski lebih sulit.

Berikut ini, beberapa prosedur perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kesuburan pada wanita.

• Penggunaan obat penyubur

Tergantung dari kondisi Anda, dokter dapat meresepkan obat penyubur untuk meningkatkan potensi mendapatkan momongan. Obat-obatan ini, bekerja dengan cara menstimulasi keluarnya hormon yang bertanggung jawab dalam proses pematangan dan pelepasan sel telur.

Namun, penggunaan obat penyubur juga dapat meningkatkan risiko terjadinya hiperstimulasi pada ovarium atau indung telur, serta bertambahnya potensi tumor ovarium.
 
• Operasi

Operasi ini dilakukan untuk mengatasi kelainan atau membuka sumbatan pada rahim dan tuba falopi. Namun, saat ini prosedur tersebut sudah jarang dilakukan. Sebab metode lain tanpa pembedahan pun, ternyata dapat memberikan hasil yang sama.
 
• Inseminasi intrauterin

Salah satu solusi untuk menyiasati masalah kesuburan adalah inseminasi intrauterin atau IUI. Pada prosedur ini dokter akan menyuntikkan jutaan sperma sehat langsung ke rahim, saat wanita sedang memasuki masa suburnya.
 
• Bayi tabung

Bayi tabung atau in vitro fertilization (IVF) merupakan prosedur populer untuk pasangan yang kesulitan mendapatkan momongan. Pada prosedur ini, dokter akan mengambil sel telur dari wanita dan sperma dari pria, kemudian membawanya ke laboratorium untuk proses pembuahan.

Setelah pembuahan berhasil terjadi, sel telur tersebut kemudian dimasukkan kembali ke rahim untuk menempel dan berkembang menjadi janin.

Kesuksesan berbagai metode di atas untuk mencapai kehamilan, bisa berbeda pada setiap orang. Sebelum menentukan metode yang paling sesuai dengan kondisi Anda, dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh, mulai dari kondisi fisik saat ini hingga riwayat penyakit yang pernah diderita.

Perawatan di atas, tentu baru bisa dilakukan apabila Anda mengetahui bahwa memang ada sesuatu yang salah dengan sistem reproduksi. Sehingga, jangan ragu untuk mengetahui lebih jauh ciri-ciri wanita mandul atau tidak subur. Semakin cepat Anda tahu, semakin cepat perawatan bisa dimulai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel