Tahukah Kamu ? Tanaman Obat Alami Bermanfaat untuk Berbagai Penyakit

 
Sebagai negara tropis, tanah Indonesia dipenuhi oleh beragam kekayaan alam, termasuk berbagai jenis tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai obat alami. Tanaman obat telah dibudidayakan di banyak rumah tangga keluarga Indonesia sejak dulu.

Bukan hanya dari daun, berbagai bagian dari tanaman obat juga bisa digunakan dan diolah, termasuk akar, daun, umbi, batang, atau bunga. Meski tidak dapat menggantikan obat-obatan medis yang telah teruji klinis, manfaat tanaman obat sayang bila dilewatkan.


Jenis-Jenis Tanaman Obat dan Manfaatnya


Ada beragam jenis tanaman obat yang diyakini dapat mengobati berbagai penyakit. Berikut adalah beberapa di antaranya:
 

1. Kayu manis


Lebih dari sekadar bumbu masak, kayu manis diyakini mampu membantu menurunkan kadar gula darah puasa pada orang dengan kondisi prediabetes dan diabetes tipe 2.

Kayu manis juga diyakini membawa manfaat lain untuk kesehatan, seperti meringankan rasa tidak nyaman akibat infeksi saluran kemih, meredakan peradangan sendi karena rheumatoid arthritis, dan mencegah demensia.
 

2. Kunyit


Mengonsumsi kunyit atau produk yang dibuat dari kunyit dipercaya bisa mengurangi rasa sakit dan bengkak pada pasien penderita rheumatoid arthritis.

Kunyit juga diyakini mampu mencegah dan mengobati berbagai jenis penyakit, mulai dari diabetes, penyakit gusi, radang usus, kolesterol tinggi, hingga penyakit kanker.

Meski membawa banyak manfaat, sebaiknya jangan mengonsumsi kunyit secara berlebihan. Dalam dosis yang tinggi, kunyit dapat menyebabkan efek samping berupa mual dan diare.
 

3. Ginseng


Ginseng merupakan salah satu tanaman obat yang diduga mampu membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

Selain membantu menurunkan kadar gula darah, ginseng juga diyakini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi kelelahan, meningkatkan energi, dan mengurangi risiko penyakit kanker.
 

4. Kapulaga


Penelitian menunjukkan bahwa tingginya kadar antioksidan pada kapulaga mampu menurunkan tekanan darah. Selain itu, kandungan antiperadangan (antiinflamasi) yang terdapat pada kapulaga juga dipercaya mampu melindungi sel dari kerusakan dan membantu melawan peradangan. Meski begitu, manfaat tanaman obat satu ini masih memerlukan bukti dan penelitian lebih lanjut.
 

5. Kumis kucing


Kumis kucing termasuk salah satu tanaman herbal untuk batu ginjal. Tanaman ini diduga mampu merangsang ginjal untuk mengeluarkan urine, sehingga mampu mencegah pengendapan mineral dan garam dalam ginjal.

Meski perlu untuk diteliti lebih lanjut, kumis kucing juga kerap digunakan untuk pengobatan dan pencegahan beberapa penyakit, seperti diare, peradangan, dan gangguan usus.
 

6. Temulawak


Di Indonesia, temulawak merupakan salah satu tanaman obat yang dipercaya membawa berbagai macam manfaat untuk kesehatan.

Selain diyakini mampu meningkatkan nafsu makan, akar dan daun temulawak kerap dijadikan obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit mulai dari gangguan pencernaan, perut kembung, hingga sindrom iritasi usus besar.

Meski manfaat tanaman obat beragam, jangan jadikan mereka sebagai pengganti pengobatan medis. Anda disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi tanaman obat. Hal ini karena penggunaan obat-obatan herbal secara tidak tepat dapat menimbulkan efek samping dan dapat membahayakan kesehatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel