Tidak Ingin Sakit Saat Musim Pancaroba? Yuk, Coba 4 Tips Ini




Saat musim pancaroba, beberapa virus dan bakteri mulai gencar menyerang tubuh Anda. Alhasil, Anda akan jadi lebih mudah jatuh sakit di. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Yuk, ikuti beberapa tips berikut supaya Anda tidak mudah sakit di musim pancaroba.

Musim pancaroba mengundang penyakit 

Musim pancaroba adalah peralihan antara musim penghujan dengan musim kemarau. Ini menyebabkan cuaca kadang mendung, hujan, berangin, atau bahkan sangat panas.

Cuaca yang tidak menentu ini biasanya akan mengundang bakteri dan virus untuk menyebabkan infeksi pada tubuh. Mulai dari pilek, flu, batuk hingga sakit tenggorokan. Meskipun semua penyakit tersebut dapat diobati dengan mudah, gejala yang ditimbulkan tetap saja mengganggu kenyamanan Anda untuk beraktivitas.

Tips mencegah sakit di musim pancaroba


Siapa pun tentu tidak ingin sakit di musim pancaroba, bukan? Nah, kunci agar pertahanan tubuh Anda lebih kuat dari infeksi virus dan bakteri adalah meningkatkan sistem imun.

Meningkatnya sistem imun membuat tubuh lebih responsif terhadap zat asing. Selain itu, antibodi yang dihasilkan untuk melawan patogen (bibit penyakit) pun akan jauh lebih kuat.

Untuk mendukung imun, ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan, antara lain:

1. Tingkatkan asupan makanan bergizi 

Makanan adalah sumber energi dan nutrisi bagi tubuh. Tidak hanya menjaga organ tubuh agar bekerja secara normal, nutrisi dari makanan, seperti vitamin C, zat besi, dan protein ternyata secara khusus dapat mendukung sistem kekebalan tubuh.

Anda dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut dari berbagai makanan, seperti jeruk, daging merah, telur, ikan, dan sayuran hijau. 

2. Minum air putih yang cukup 


Tips selanjutnya yang perlu Anda lakukan agar tidak sakit di musim pancaroba adalah mencukupi kebutuhan air setiap hari. Air tidak hanya meredakan dahaga, tapi juga menjaga kelembapan tubuh dan menjadi komponen utama dari pembentukan plasma darah.
Selain itu, air membantu mengedarkan oksigen ke seluruh bagian tubuh dan membantu mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan tubuh. Jika tubuh kekurangan cairan, organ tubuh tidak dapat bekerja dengan efektif, termasuk sistem kekebalan tubuh Anda. Untuk itulah, mencukupi kebutuhan air setiap di musim pancaroba penting untuk mencegah sakit.

Namun, kebutuhan air setiap orang itu berbeda-beda, tergantung dengan usia, kondisi kesehatan, dan aktivitas yang dilakukan. Kisaran banyaknya air yang harus dipenuhi anak-anak dan orang dewasa setiap hari, antara lain 1200 ml hingga 2000 ml atau sekitar 8 gelas sehari.

3. Cukup tidur


Jika nutrisi dan air sudah tercukupi, maka Anda harus sempurnakan dengan tidur cukup. Tidur merupakan waktu bagi organ tubuh Anda untuk beristirahat. Jika Anda sering begadang dan kurang tidur, organ tubuh akan kelelahan. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh akan melemah dan membuat Anda jatuh sakit di musim pancaroba.

Cobalah untuk mengatur kembali jam tidur dan bangun Anda. Hindari aktivitas yang bisa mengganggu tidur, seperti main ponsel, baca bukan, atau makan.

4. Olahraga

Cuaca tidak menentu selama musim pancaroba mungkin membuat Anda malas untuk berolahraga. Namun, jangan jadikan ini sebagai alasan. Pasalnya, olahraga merupakan aktivitas yang menyehatkan tubuh Anda. Apalagi jika ingin Anda tidak ingin jatuh sakit di musim pancaroba.
Olahraga akan merangsang produksi hormon dopamin. Hormon ini bertugas untuk memperbaiki suasana hati dengan membuat perasaan Anda jadi lebih senang dan bahagia. Selain itu, dopamin juga digunakan oleh sel-sel kekebalan untuk mengatur respons tubuh terhadap infeksi.
Tidak perlu memilih jenis latihan yang sulit, Anda bisa mencoba untuk lari, jogging, jalan santai, atau bersepeda.

Perlukah dibantu dengan minum suplemen?


Boleh-boleh saja jika Anda minum suplemen sebagai pelindung ganda agar tidak mudah sakit di musim pancaroba. Asal dokter sudah memberikan Anda lampu hijau.

Jika kebutuhan nutrisi sudah tercukupi, suplemen sebenarnya tidak dibutuhkan. Terkecuali, jika Anda memang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, minum suplemen tentu akan sangat bermanfaat.

Suplemen yang biasanya direkomendasikan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, antara lain vitamin C, zat besi, dan vitamin B6 atau madu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel