Langkah Dasar Pemula Bermain CAPSA SUSUN

Capsa Susun, populer di hongkong dan sebagian kawasan Asia Tenggara , permainan kartu yang satu ini juga dimainkan di USA. Capsa susun juga dikenal dengan beberapa nama di asia.

Di cantonese disebut Sap Sam Cheung (十三 張) , yang berarti 13 kartu. di vietnam di kenal dengan nama XAP Xam Chuong. Dalam bahasa cina disebut luosong Pai Jiu (羅 宋 牌九),  yang memiliki makna Rusia Pai Gow. Permainan ini memang terkait dengan Pai Gow. Di Amerika serikat sendiri dikenal dengan chinese poker atau rusia poker, banyak orang menggunakan nama cina poker karena permainan Big Two. di Hawaii disebut pepito, di Filipina dikenal dengan pusoy. Sedangkan di indonesia sendiri lebih di kenal dengan capsa susun, atau capsa banting.

A. Aturan basic Game Capsa Susun Online 

Langkah menyusun kartu dalam Capsa Susun : ketika menyusun 13 kartu, harus menyusun menjadi 3 baris dengan pembagian 3 - 5 - 5


  • Baris atas : 3 kartu
  • Baris tengah : 5 kartu
  • Baris bawah : 5 kartu
  • Dalam penyusunan kartu harus sesuai aturan : Baris bawah > Baris tengah > Baris atas. Baris bawah harus lebih tinggi dari baris tengah, dan baris tengah harus lebih tinggi dari baris atas, apabila salah susun akan dianggap kalah. Perhitungan kartu dilakukan saat waktu yang diberikan habis.







Ketika membandingkan kartu dengan pemain lain, maka akan dibandingkan bedasarkan bagian. 
3 - 2 - 1

B. Jenis Kombinasi Kartu Capsa Susun

Kartu 2 adalah kartu terendah, kartu A adalah kartu tertinggi. Dan Kombinasi kartu di dalam CAPSA SUSUN ini sama seperti susunan kartu Poker, Namun di dalam CAPSA SUSUN ini ada 1 kartu yang dapat mengalahkan Royal Flush yaitu DRAGON (NAGA). Kartu Dragon tersusun dari urutan kartu yang memiliki kombinasi sempurna  

A, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, J, Q, K. (DRAGON ) 


Sekop ♠ > Hati ♡ > Keriting ♣ > Wajik ♢


  • Nilai kartu: A > K > Q > J > 10 > 9 > 8 > 7 > 6 > 5 > 4 > 3 > 2 













Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel